Seperti Apa Sih Rumah Sehat Itu? - Furbeka
21791
post-template-default,single,single-post,postid-21791,single-format-standard,ajax_updown_fade,page_not_loaded,,select-theme-ver-4.1,side_area_uncovered,wpb-js-composer js-comp-ver-5.2,vc_responsive

Seperti Apa Sih Rumah Sehat Itu?

Penting bagi kita untuk memperhatikan kondisi rumah kita sendiri, seperti selalu menjaga kebersihan rumah. Tujuan kita menjaga kebersihan rumah yaitu agar kita selalu merasakan keindahan dan kenyaman saat berada di rumah. Selain rumah yang menjadi sehat, penghuni rumah pun akan terjaga kesehatannya baik dari bakteri ataupun kuman-kuman.

Google.com

Rumah sehat merupakan salah satu aspek hunian yang diinginkan oleh setiap manusia.Tetapi, apakah anda sudah mengetahui bagamana sih cara untuk menjadikan rumah sehat itu?  Yuks, kita simak beberapa tips untuk menjadikan rumah anda sehat untuk seluruh anggota keluarga di rumah.

1. Memilih Bahan Material Bangunan Yang Tepat

Banyak bahan material yang dapat digunakan untuk membuat rumah anda, baik itu dari kuliatas yang standar hingga terbaik. Dalam hal ini anda harus cermat dalam memilih bahan bangunan yang akan anda gunakan nantinya. Pilihlah bahan bangunan yang bebas dari bahan – bahan berbahaya.

kusumaproperty.com

Menghindari bahan bangunan yang materianlnya mengandung bahan kimia berbahaya. Anda juga harus menghindari bahan bangunan formaldehida untuk menghindari kontaminasi. Gunakan bahan bangunan yang nantinya tidak menganggu kesehatan anda dan keluarga, maka dari itu penting bagi anda untuk tetap cermat dalam memilih bahan bagunan sebelum digunakan di rumah.

2. Ventilasi dan Sirkulasi Udara Penting Bagi Rumah

Udara sangatlah penting bagi kita, selain itu kita sebagai manusia juga bernapas menghirup okisigen. Anda dan kelurga pastilah ingin tetap sehat dan merasakan kenyamanan di dalam rumah, hal itu dapat anda lakukan dengan memperhatikan lubang ventisai di rumah. Tujuannya agar udara dalam rumah atupun ruangan dapat berganti. Dengan adanya ventilasi, pertukaran udara senantiasa lancar, kadar oksigen akan terjaga keseimbangannya sehingga para penghuni akan terhindar dari infeksi pernafasan akibat pengapnya udara di dalam rumah.

dekoruma.com

Agar dapat memperbarui udara di setiap ruangan rumah, anda dapat membuka jendela ataupun pintu sekitar 20 sampai 30 menit. anda juga harus selalu memperhatikan ruangan-ruangan seperti dapur, kamar mandi, dan toilet, maka anda juga harus membuka pintu dan jendela di ruangan tersebut. Ada bisa menggunakan AC untuk ruangan rumah anda, tetapi rumah sehat lebih baik menggunakan udara yang alami.

3. Pentingnya Memperhatikan Pencahayaan

Setiap ruangan di dalam rumah pastinya memerlukan pencahayaan, baik itu dari lampu ataupun sinar matahari secara langsung. Salah satu pencahayaan yang sangat berperan penting bagi rumah sehat anda yaitu pencahayaan alami. Pencahayaan alami didapat dari sinar matahari, karena dapat membunuh bakteri dan kuman yang ada di dalam rumah. Dengan menggunakan cahaya matahari secara maksimal dapat pula membawa suasana yang hangata ke dalam ruangan.

forum.rumah123.com

Penggunaan pencahayan buatan seperti lampu dalam ruangan juga harus selalu diperhatikan, karena akan berpengaruh terhadap kesehatan mata anda dan keluarga. Contohnya seperti pencahayan lampu meja yang kita gunakan untuk bekerja ataupun membaca harus tepat agar tidak tidak berdampak pada kesehatan mata anda. Selalu perhatikan penggunaan cahaya dalam ruangan anda baik itu penggunaan pencahayaan alami ataupun buatan

4. Rumah Sehat dengan Air Bersih

Apakah sudah menggunakan air bersih untuk keseharian anda di rumah. Anda pastinya menggunakan air ledeng yang mengandung krolin, tetapi disini anda tidak perlu khawatir karene penggunaan dengan batas wajar baik untuk membunuh jamur dan parasite lainnya. Tetapi tetap harus diperhatikan dalam penggunaanya, karena jika berlebihan akan menjadikan berkembangnya sel kanker.

Google.com

Pastikan anda untuk melengkapi system penyaringan air bersih yang baik dirumah anda. Selain itu, untuk konsumsi air sehari-hari tambahkan penyaring air dengan karbon aktif untuk membunuh semua zat-zat yang bersifat racun.

  • Rumah Sehat dengan Tanaman Hijau
forum.rumah123.com

Tidak hanya cantik dan indah tapi sehat juga penting untuk mendefinisikan sebuah rumah rumah. Banyak cara untuk membuat rumah anda untuk menjadi cantik dan sehat, slah satunya dengan menambahkan beberapa tanaman ke dalam ruangan. Tetapi disini anda juga harus memilih, mana tanaman yang cocok untuk diletakan di dalam rumah, karena tidak semua tanaman cocok.

media.rooang.com

Selain meletakkan tanaman hijau anda dapat membuat taman kecil di rumah anda. Tujuan taman hijau di rumah anda dapat memberikan dampak yang baik untuk kesehatan anda dan keluarga. Anda dapat mengontrol sirkulasi udara, temparatur, dan kelembaban udara di dalam rumah, selain itu dapat pula memebrikan efek relaksasi dan penghilang stress yang baik bagi kesehatan mental dan psikologi.

5. Menjaga Kebersihan dan Kerapian Rumah

Salah satu kata penting yang harus diingat adalah bersih, karena itu kunci agar menjadikan rumah sehat anda. Jangan malas untuk menjaga kebersihan rumah anda, selalu bersihkan agar terhindar dari tumpukan debu-debu dan bakteri lainnya. Jangan lupa untuk membersihkan boneka-boneka ataupun karpet yang ada dirumah anda.

cirebonradio.com

Rumah dalam keadaan bersih akan membuat anda semakin nyaman dan sehat. Selain itu pastikan juga untu merapikan barang yang ada di setiap ruangan anda, seperti menyimpan mainan anak dan tempat tidur. Semua harus terlihat bersih dan rapi agar rumah anda semakin menjadi rumah yang sehat.

Nah, itu beberapa tips untuk anda yang menginginkan rumah nyaman tapi tetap bersih dan sehat. Dan perlu diingat juga bahwa sehat itu yang menciptakan kita sendiri bukan orang lain baik itu rumah ataupun lingkungan sekitar kita.

%d bloggers like this: