RUMAH NYAMAN MESKIPUN MUSIM HUJAN - Furbeka
21851
post-template-default,single,single-post,postid-21851,single-format-standard,ajax_updown_fade,page_not_loaded,,select-theme-ver-4.1,side_area_uncovered,wpb-js-composer js-comp-ver-5.2,vc_responsive

RUMAH NYAMAN MESKIPUN MUSIM HUJAN

Apakah anda sudah tepat dalam merawat rumah ketika musim hujan? Pasti anda tau bahwa saat musim hujan akan sedikit membuat anda
dan anggota keluarga lainnya kerepotan , dimana pada kondisi ini rumah akan lebih rentan pada kotoran ataupun lumpur yang akan masuk ke dalam rumah. Maka anda perlu menjaga keadaan rumah agar tetap bersih, sehingga anda akan tetap sehat dan rentan terhadap penyakit.

Selain itu saat musim hujan akan membuat rumah rentan terhadap kerusakan bagian rumah. Biasanya kerusakan yang akan muncul saat musim hujan adalah bocornya atap rumah dan dinding yang berjamur akibat lembab dampak dari merembasnya air hujan di dinding.

iphincow.com

Dalam hal ini banyak hal perlu anda siapkan agar anda merasa tetap nyaman meskipun saat sedang hujan.

1. Perhatikan Atap Rumah

Hal utama yang anda harus perhatikan saat musim hujan adalah atap rumah, karena anda harus memeriksanya apakah ada posisi genteng rumah yang kurang tepat. Jika, itu terjadi maka akan mengakibatkan kebocoran dan anda pasti akan kewalahan saat terjadi kebocoran pada saat hujan. Jika anda tidak bisa melakukannya sendiri, anda bisa meminta bantuan tenaga ahli profesioanl. Setelah semua sudah diperbaiki, anda bisa melakukan perlindungan ganda dengan melapisi menggunakan cat waterproof agar terhindar dari kebocoran yang tidak diinginkan.

2. Memeriksa Dinding Rumah

Jangan biarkan rumah anda menjadi lembab saat musim hujan, karena itu akan berpengaruh pada kenyamanan anda dan keluarga. Salah satu timbulnya lembab yaitu ketika ada retakan di bagian luar ataupun dalam dinding rumah. Dinding yang lembab akan mengakibatkan kerusakan yaitu memicu munculnya pengelupasan pada cat.

3. Melindungi Perabotan Kayu

Perabotan kayu juga sangat rentan terhadap kelembapan, sehingga dapat memicu munculnya jamur. Maka anda dapat menjauhkan sedikit perabotan kayu dar jendela maupun pintu hingga musim hujan berakhir. Anda juga dapat meletakkan kapur barus di dalam lemari pakaian untuk membantu menyerap kelembapan sehingga pakaian anda tetap segar.

4. Membersihkan selokan

Bagi anda yang depan rumah memiliki selokan, jangan lupa untuk membersihkannya. Jika anda tidak membersihkan sampah-sampah tersebut akan mengakibatkan banjir saat hujan turun dalam kurun waktu yang lama. Anda juga harus secara teratur untuk membersihkan selokan dari daun-daun dan sampah lainnya setiap kali hujan turun.

Adapun cara lain yang dapat anda lakukan secara bersama dengan masyarakat sekitar lainnya, yaitu secara bersama bekerja bakti membersihkan saluran air, agar wilayah tersebut tidak terjadi banjir oleh sampah-sampah yang dapat menyumbat selokan.

5. Merawat Karpet

Saat musim hujan lebih baik anda memsukan semua tikar ataupun karpen yang ada di rumah anda, jangan lupa tetap menyimpannya di tempat yang kering dengan sirkulasi udara yang bagus. Hal itu berfungsi untuk mencegah karpet basah dan juag terlindungi dari jamur.

Lebih baik untuk menggulung semua karpet dan tikar yang ada di rumah selama musim hujan. Simpan di tempat kering dengan sirkulasi udara yang bagus. Fungsinya akan mencegah mereka menjadi basah dan juga melindungi dari serangan jamur.

%d bloggers like this: